Sabtu, 25 Maret 2017

DIY - How to Make an Organizer

Hallo semua~!
Kali ini gue mau share ke kalian tentang hasil crafting yang beberapa hari lalu gue buat. Well yeah, gue demen crafting. Entah bikin sesuatu dari kain flanel, buat gelang misanga (gelang dari benang warna-warni), atau utak atik kardus hingga jadi barang yang emang lagi gue butuhin.

Beberapa hari yang lalu, gue (berhasil) bikin sebuah organizer atau tempat buat taruh-taruh barang supaya lebih rapi. Gue bikin itu supaya barang-barang buat perawatan wajah dan tubuh yang biasa ditaruh di atas meja bisa lebih rapi dan nggak jatuh-jatuh. Selama ini, barangnya jatuh-jatuh mulu gara-gara sering kesenggol (iya, gue ceroboh). Waktu itu sempet kepikiran buat beli, tapi gue itu tipe orang yang bakalan males keluar duit kalo barang yang gue butuhin bisa gue bikin sendiri. Dan kebetulan di kosan ada kardus sisa pindahan dan ga bisa gue pake, so why not?



Foto di atas adalah contoh dari organizer yang gue buat dari kardus bekas. Gue bikin semalaman gara-gara males banget mungutin peralatan yang jatuh dan emang lagi mood crafting.

Nah, di bawah ini gue bakalan share cara gue bikin organizer kayak di atas!

DIY - HOW TO MAKE AN ORGANIZER
Disclaimer: gue buat ini terinspirasi dari video-video DIY di Youtube dan dikembangkan sendiri. Silahkan buat sesuai dengan kreatifitas kalian masing-masing, ya~

Bahan:
📍 Kardus bekas
📍 Kertas lipat
📍 Kertas kado
📍 Pernak-pernik hiasan

Alat:
📌 Gunting
📌 Lem kertas
📌 Selotip
📌 Lem UHU / lem tembak

Cara buat:
1. Tentukan ukuran organizer yang mau dibuat
Sebelum membuat, sebaiknya kita harus tau terlebih dulu ukuran tempat yang akan kita letakkan organizer. Karena tempatnya kecil, gue memutuskan untuk membuat organizer dengan panjang 15 cm dan lebar 21 cm.

2. Potong kardusnya~
contoh kardus yang sudah dipotong sesuai pola.
Seperti yang bisa dilihat di foto sebelumnya, organizer yang mau gue bikin terdiri dari 3 ruang. Ruang untuk peralatan berukuran besar, ukuran medium, dan yang paling depan untuk peralatan berukuran kecil. Maka, gue membagi ukurannya menjadi 10 cm (utk yang besar), 6 cm (utk yang medium), dan 5 cm (utk yang kecil).

3. Lapisi alas dan 'dinding pembatas' dengan kertas lipat/ kertas kado
Jika sudah dipotong sesuai dengan ukuran, lapisi dulu alas dan dinding pembatas agar lebih colorful~ Lapisannya tergantung selera kalian, ya! Bisa dari kertas lipat, kertas kado, atau kalau mau lebih keliatan vintage bisa pakai koran/ buku bekas.

4. Susun dinding menggunakan selotip/ lem tembak


Setelah dilapisi, susun dinding-dindingnya dengan selotip atau lem tembak. Kebetulan gue nggak punya lem tembak, jadi pake selotip deh~ Akan lebih rapi lagi kalau pake lem tembak sih. Kalo pake selotip keliatannya kurang rapi dan kurang aesthetic *halah*

mending pake lem tembak kan, ya......
3 susun~

5. Kuatkan 'dinding' memakai lem UHU
supaya dinding-dinding nggak lepas, oleskan lem UHU di bagian dalam antara dinding-dinding supaya lebih terlihat rapi dan kuat~ Kalo kesenggol nggak bakalan lepas~

6. Hias Organizer supaya lebih indah (?)
Berhubung gue pake selotip dan hasilnya jadi glossy-glossy ga jelas, ya udah gue tutupin pake hiasan supaya aesthetic #apaansihden

TADAAAAAA JADI DEH~~


🎀  🎀  🎀  🎀  🎀  🎀  🎀  🎀

Nah, sekian tutorial bikin organizer ala Denchan~
Maafkan kalo kalimat yang gue pake kesannya aneh dan nggak dimengerti. Gue bingung ngejelasinnya lewat tulisan gini :'D

Semoga bermanfaat buat kalian, ya!
Kapan-kapan gue post DIY lainnya *kalo nggak mager*

See you! 💜

Tidak ada komentar:

Posting Komentar