Jumat, 09 Agustus 2013

RolePlay? Okay... Part 1

Konnichiwa.....
makin banyak ya pendapat-pendapat tentang dunia roleplay di dunia maya. Emang sih, dunia Roleplay nggak akan pernah ada abisnya dibicarain. Ada aja topiknya, tapi sebagian besar inti topiknya IC (In Character) dan OOC (Out Of Character).

Jauh-jauh hari sih gue udah kepengen banget nulis pendapat gue di blog. Tapi berhubung gue kelewat males dan udah lama nggak buka ni blog, jadi gue urungkan niat.

Oke. Gue cerita perjalanan gue ngeRP. Gak semuanya gue umbar di sini, gue males dan malu.

Gue tau roleplay sejak 2011. Dan di acc RL gue temenan sama roleplayer Usui Takumi dan Kanou Shoutarou. Begonya, gue kira mereka itu beneran Usui dan beneran Kanou. Bego kan? wkwkwk
Semenjak kenal mereka berdua, gue tau apa itu roleplay dan gue nyoba buat akun RP vocaloid. waktu itu sih Iroha Nekomura. Kan masih jarang tuh RPer Iroha. tehehe..
Tapi apa yag mau dikata.......Belom sebulan udah kesuspend. Twitter bego -_-)
Eh salah, gue yang bego. Gue gak verifikasi akun XD

KYAHAHAHAHAHAHA....

hush, balik lagi.
Setelah itu, ada temen gue yang nyaranin gue ngeroleplay. Alesannya sih minta ditemenin gitu. Ya udah, gue buat deh akun roleplay yang satu fandom dengan dia. Finally, gue happy roleplay dengan dia.

Waktu itu masih jarang Fandom yang gue roleplay-in. Jarang banget malahan di Indonesia. Kebanyakan di luar negeri. Ah, gue males. Gue males gara-gara dulu gue masih takut ngeRP pake bahasa Inggris. Grammar gue masih jelek dan minder. Jujur, gue gak tau karakter yang gue RPin itu gimana ICnya. Kata dia sih, karakternya kuat, tapi pemalas. Jarang menggunakan kekuatannya secara penuh. Okelah. Cuma dari keterangan temen, gue berusaha IC.

Roleplayer gak selamanya 100% IC, begitu pula gue. Bahkan gue masih jauh dari kata IC. Gue masih OOC waktu itu. Tapi gue tetep berusaha kok untuk IC. Tapi sayangnya, temen gue itu deactive karena berbagai hal. Memang sih, gue udah kelas 3 SMA, udah mau lulus dan bakal menghadapi UN. Gue ngeRP cuma buat seneng-seneng dan gue dapet banyak temen. Namun sayang, gue makin OOC. Gue bagaikan 'cewek kegatelan' di sana. Gue seneng mesra-mesraan sama RPer lain, dan 'main' di DM (you know what I mean, right?)

Akhirnya gue bikin beberapa akun sebagai pelarian, salah satunya gue bikin akun RP OC (original character) untuk melatih KONSISTEN dalam hal menentukan karakter. Kata temen RPer gue, salah satu kelemahan RP OC adalah backsound background dari karakter yang kita perankan. Bener juga sih menurut gue.
Maksudnya background karakter (ini pendapat gue yak) adalah 'apa sih sifat-sifat karakter yang lu pake buat OC lu?' 'kenapa sih sifat-sifatnya kayak gini?' 'ada gak sih masa lalu si karakter yang bisa membentuk sifat-sifat kayak gitu?' dan seterusnya.

Banyak yang gak memikirkan background dari OC-nya. Ya pada akhirnya mereka jadi gak tau gimana sih sifat asli si karakter. Itulah susahnya ngeRP-in OC.

Setelah beberapa lama gue on di akun OC itu, gue memberanikan diri untuk buka akun RP gue yang pertama.Gue berusaha sebisa mungkin untuk tinggalin 'masa lalu kelam' di akun itu dan kembali menjadi pribadi yang baru, dan berusaha IC.
Anehnya, gue....
Ilang mood di situ. Gue bingung, mau IC gimana. Walaupun banyak temen di situ, tapi gue males banget buat on di situ. BENER-BENER HILANG MOOD GUE (selow woi)
Ya sudahlah. Lagipula banyak yang tau gue sering nongol di akun apa, dan semuanya beralih ke sana. Kemampuan gue untuk buat plot juga membaik, gak cuma sekadar greeting 'ohayou' 'konnichiwa' 'konbanwa' doang. Walaupun grammar gue masih jelek, setidaknya udah membaik dibanding sebelumnya.


N.B: gue sering mati kutu kalo disuruh ngeplot pake bahasa inggris. akakakak.. pake bahasa indo aje ye.

-to be continued-

1 komentar: