Jumat, 01 September 2017

Kiat Sukses Menghadapi Sidang Skripsi!

Hai semua! Sesuai judulnya, gue mau berbagi tips and trick menghadapi suatu proses yang menghantui mahasiswa jenjang S1.

Iya, sidang skripsi.
Salah satu momen menakutkan yang harus dihadapi demi masa depan yang lebih cerah (?)
Kebetulan tanggal 18 Agustus 2017 yang lalu gue menghadapi nightmare itu. Puji Tuhan, gue berhasil lulus sidang dengan nilai memuaskan. Nggak sia-sia selama kurang lebih 6 bulan kerja keras :')

Daripada kelamaan basa-basi, langsung aja simak kiat sukses menghadapi sidang skripsi di bawah ini yang gue tulis berdasarkan pengalaman pribadi, termasuk kesalahan yang gue alami supaya kesalahan yang sama nggak terulang lagi! ๐Ÿ‘‡

1. Sebelum Hari Sidang, Konsultasi dengan Dosen Pembimbing!
Kesalahan pertama yang gue lakukan sebelum hari sidang adalah NGGAK KONSULTASI KE DOSEN PEMBIMBING.  Sok-sokan udah ngerti materi dan tata cara sidang, gue nggak datang ke jurusan untuk bertemu dosen pembimbing. Istilahnya, minta wejangan dan restu untuk maju sidang. Gue cuma ngasih tau ke beliau kalau jadwal sidang udah keluar lewat WA. Giliran lagi baca-baca materi dan mental mulai down karena kepikiran apa aja yang bakalan "dibantai", gue pun chat dospem (dosen pembimbing) untuk ketemuan sebelum sidang. Apesnya, dospem lagi cuti!! Gue pun konsultasi dengan beliau lewat WA, tapi tetep aja nggak enak di hati karena nggak bertemu tatap muka, apalagi gue gangguin beliau pas lagi cuti....
Jadi, buat kalian yang akan menghadapi sidang skripsi, jangan remehkan tips nomor satu ini ya! Karena menurut gue, hati akan lebih tenang kalau ketemuan sama dospem dan saling berbagi pendapat dan masukan sehingga lebih siap menghadapi sidang.

2. Pelajari Materi Skripsi Beserta Pertanyaan-pertanyaan yang Mungkin akan Ditanyakan oleh Dosen Penguji
Di balik lubuk hati terdalam, pasti perasaan takut, cemas, dan deg-degan muncul ketika jadwal sidang sudah keluar. Jangan lupa pelajari materi skripsi yang sudah kalian tulis, siapa tau udah lupa apa aja yang tertulis di skripsi saking kelamaan nungguin jadwal sidang (kayak gue). Belajarnya jangan H-1, tapi persiapkan dari satu minggu sebelumnya. Selain itu, coba kalian pikirin pertanyaan-pertanyaan apa yang bakalan ditanya oleh dosen penguji. Pikirin pertanyaan paling simpel kayak "kenapa kamu memilih tema ini" sampe pertanyaan nggak normal kayak "Doraemon ngerokok apa nggak" "Kacamata Nobita beli di optik mana" dan sebagainya. Selain agar kalian siap menjelaskan materi skripsi, kalian juga siap menjawab berbagai pertanyaan seputar skripsi kalian.

3. Persiapkan Dokumen Pendukung sesuai yang Kalian Pakai dalam Pembuatan Skripsi!
Tips ketiga ini juga penting loh, guys! Jangan meremehkan tips ini karena kalo nggak bawa, sidangmu terancam!๐Ÿ˜ฑ Bukan bermaksud menakut-nakuti, tapi memang benar bahwa dokumen pendukung seperti soft cover skripsi, buku, jurnal, sumber data, angket, dan sebagainya adalah hal yang penting dan wajib dipersiapkan dengan baik sebelum sidang. Jadi kalo dosen pengujinya tanya "Teorinya dapat dari mana" atau "Kalimat ini kamu kutip dari mana", kalian bisa memberikan bukti yang jelas ๐Ÿ˜
Cara mempersiapkannya pun terserah kalian. Kalau kalian pakai dokumen dalam bentuk fisik, silahkan bawa. Kalau dalam bentuk elektronik, silahkan simpan di flash disk.

4. Persiapkan Slide Power Point yang ringkas, jelas, dan simpel.
Selain dokumen pendukung, slide power point perlu diperhatikan. Karena sidang skripsi bukan sekadar presentasi biasa di kelas dan merupakan presentasi formal, maka slide harus didesain sesimpel mungkin. Kalau bisa background slide-nya warna putih, tulisan warna hitam supaya kontras dan mudah terbaca. Jangan gunakan gambar animasi gerak-gerak norak, karena nggak berpengaruh sama isi slide-mu, yang ada dosen pengujinya gagal fokus!
Selain itu juga, slide PPT sidang harus ringkas namun jelas, isinya point-point penting yang bakalan kalian bahas aja, sehingga dosen penguji mudah mengerti apa yang sedang kalian jelaskan.

5. Simpan Data (Draft skripsi, dokumen pendukung, slide PPT) di Dalam Dua USB!
Hal yang selalu diwanti-wanti oleh para dosen pembimbing adalah tips kelima ini. Seluruh data yang digunakan saat sidang harus dimasukkan ke dalam minimal 2 USB. satu USB utama dan satunya lagi USB cadangan, just in case USB utamanya hilang atau nggak ke-detect di komputer ruangan sidang. Kalau masih insecure kayak gue, upload data sidangnya di Google Drive atau Dropbox biar makin aman.

6. Siapkan Pakaian yang Sesuai dengan Ketentuan Sidang Skripsi!
sumber: http://psychology.binus.ac.id/
Pakaian sidang skripsi pun jangan sampai salah loh! Ketentuan setiap jurusan sih ada yang berbeda, tapi pada umumnya pakaian sidang skripsi adalah kemeja putih polos lengan panjang, celana bahan hitam dan dasi hitam untuk laki-laki atau rok hitam selutut untuk perempuan. Tak lupa memakai kaos kaki putih minimal di atas mata kaki dan sepatu pantofel hitam. Sepatunya kalau bisa hanya berwarna hitam, jangan ada aksen warna lain atau aksesoris yang berlebihan. Ada juga jurusan yang memperbolehkan mahasiswanya memakai blazer hitam, stocking hitam, ada juga yang mengharuskan memakai jaket almamater universitas.

7. Jaga Kesehatan Fisik dan Batin.
Penting! Jaga kesehatan fisik maupun batin kalian jauh sebelum sidang dimulai. Jaga kesehatan fisik dengan makan makanan yang bergizi dan olahraga ringan supaya proses belajar materi skripsi menjadi lebih mudah dan siap menghadapi sidang.
Kesehatan batin pun perlu dijaga. Caranya adalah jangan STRESS! Nggak boleh stress, yang ada ntar bingung sendiri harus ngapain dan ujung2nya malah nggak maksimal saat sidang. Kan susah kalo sebelum sidang malah stress, lama-lama bisa gila! ๐Ÿ˜œ Jangan lupa banyak berdoa dan berserah pada Tuhan yang Maha Esa supaya sidangnya dilancarkan dan kalian lebih tenang secara batin.

8. Latihan Presentasi (apalagi kalau presentasi kalian menggunakan bahasa asing!)
Nggak mau kan begitu mulai presentasi malah gugup, gagap, nggak bisa ngomong apa-apa di depan dosen penguji gara-gara grogi berat? Nah, makanya ayo latihan presentasi! Latihan ini sangat berguna buat kalian, terutam buat kalian yang akan sidang menggunakan bahasa asing.
Latihan ini akan melatih kalian untuk mengatasi rasa gugup berbicara di depan dosen penguji serta menilai apakah cara mempresentasikannya sudah baik atau belum. Selain itu juga bisa melatih dan melancarkan bahasa asing sehingga tidak terbata-bata saat presentasi. Bisa ajak teman-teman senasib buat latihan biar mereka bisa menilai cara presentasi kalian dan memberikan saran supaya kalian lebih siap menghadapi sidang.
Kalau kalian tipe yang insecure kalo nggak nulis apa yang harus diucapkan saat presentasi, boleh banget bawa catatan kalimat-kalimat yang harus kalian ucapkan. Tapi bukan berarti dari awal hingga akhir presentasi kalian baca teks terus ya! Itu bisa mengurangi penilaian dosen penguji di bagian presentasi.

9. Jangan BEGADANG! Kalau tiada artinya~~
Yup, jangan pernah berpikir untuk begadang ngapalin teks, siapin PPT, atau belajar materi H-1 sampe kalian rela begadang! That's a big NO!! Justru H-1 sidang nggak boleh stress dan kurang tidur, tapi kalian harus relax dan tenang supaya kesehatan fisik dan batin tetap terjaga.. Nggak mau kan karena kurang tidur, pikiran kalian jadi blank dan bingung sendiri pas sidang?

10. Datang 1 Jam Lebih Awal dari Jadwal
Pas di hari H, badan emang berat banget buat bangun dari kasur. Pengennya merem dan selimutan, tapi harus bangun demi masa depan (?). Gue sarankan sih kalian datang 1 jam lebih awal dari jadwalnya, misal jadwal jam 11.00 kalian datengnya jam 10.00. Kenapa??? Supaya batin kalian lebih tenang dan bisa beradaptasi dengan lingkungan kampus dan ruang sidang dengan baik. Pelan-pelan kalian akan terbiasa dengan suasana di sekitar ruang sidang dan akan menjadi lebih nyaman ketika presentasi.

11. Bingung Jawab Pertanyaan Dosen Penguji? Jujurlah! Tapi Jangan Jawab Terlalu Apa Adanya..
Sering kali kita mendadak nge-blank pas dapat pertanyaan dari dosen penguji, atau ketika dosennya mempertanyakan hasil pembahasanmu, kalian bingung gimana jawabnya. Jujurlah padaku mengenai apa yang sudah kalian tulis di skripsi. Sidang skripsi adalah momen kalian mempertanggung-jawabkan isi skripsi yang sudah kalian teliti dan analisis. Oleh karena itu, jangan ragu untuk jawab jujur mengenai skripsi kalian.
TAPI....................
Jangan jawab terlalu apa adanya. Misal kalian ditanya "Kok pembahasannya cuma sedikit?" lalu kalian jawab "soalnya saya males ngetiknya karena kepanjangan.", bisa-bisa kalian digebuk dosen penguji (?). Kalian harus pikirin gimana cara jawab yang benar supaya tidak menyinggung dosen penguji atau menjebak diri kalian sendiri. Dosen penguji sudah mempelajari skripsi kalian dan biasanya beliau lebih kritis, jadi jangan coba-coba berbohong! Kalau bohong, itu artinya kalian gali lubang untuk kuburan kalian sendiri ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ’”๐Ÿ’”๐Ÿ’”

12. REFRESHING
Siapa bilang sebelum sidang nggak boleh jalan-jalan? Justru wajib refreshing biar nggak jenuh dengan suasana kamar yang dipenuhi berkas-berkas skripsi. Refreshing ke mana pun dan lakukan aja yang kalian suka mampu meningkatkan mood kalian dan menghilangkan kejenuhan. Mau jalan-jalan sendiri atau jalan-jalan rame, mau makan-makan di Hanamasa, terserah! Yang penting kalian terhibur dan energi buat persiapan sidang kembali penuh, sidang pun lancar~

๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ

Yak, sekian kiat sukses menghadapi sidang skripsi ala gue! Senangnya bisa berbagi tips buat kalian yang membaca dan sedang mempersiapkan sidang skripsi!

Yang perlu kalian tahu, sidang skripsi ternyata nggak se-menyeramkan yang dibayangkan loh! Meksipun dosen pengujinya mencerca dengan beragam pertanyaan dan bikin kalian bingung jawabnya, yang penting kalian fokus terhadap apa yang kalian bahas. Jangan mempresentasikan dan menjawab pertanyaan yang nggak berhubungan dengan skripsimu. Kalian yang melakukan penelitian, kalian yang menganalisis, kalian juga mempunyai dosen pembimbing yang setia membimbing hingga akhir, jadi seharusnya kalian lah yang lebih mengerti dan paham mengenai skripsimu. Anggap aja sidang skripsi itu adalah ajang diskusi supaya skripsimu menjadi lebih sempurna.

12 kiat sukses yang gue tulis di atas semoga bermanfaat buat kalian yang akan menghadapi sidang skripsi. Sekali lagi ingat, sidang skripsi ternyata nggak menyeramkan seperti yang dibicarakan orang-orang. Masih banyak rintangan lain yang harus kalian lalui dan lebih menyeramkan dari sidang skripsi ๐Ÿ˜

Cheers!! ๐Ÿ’œ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar